Selasa, 14 Mei 2013

Malaikat Tanpa Sayap

14 Mei 2013. By: Irwan Haryono S

Kali ini aku mendapatkan satu pelajaran yang sangat berharga, tiada sedikitpun keraguanku untuk mengatakan bahwa pelajaran yang ku dapat ini sangat berguna untuk membuka cara pandang dunia kepada satu wujud tanggung jawab yang terus bermuara pada sisi reliji penuh pesan terkendali.



Tadi malam aku baru saja menonton film, malaikat tanpa sayap, filmnya tidak begitu wah, tapi cukup untuk mengangkat emosiku dalam mengikuti alur  jalannya cerita. Banyak dilema kehidupan, yang selalu beriring berirama berjalan mewarnai dari pada perjalanan hidup kita, terkadang indah dan tak jarang juga sangat gelap, hancur-legam tanpa secercah cahaya sediktpun.


Dari sebuah tayangan yang menarik ini aku mendapatkan banyak pesan tersirat yang alhamdulillah dapat aku serap sejauh daya nalarku memahami arti dan maksud dari apa yang terselubung didalamnya.


1. Ternyata mengetahui akan kematian merupakan matinya seseorang sebelum waktu ajal tiba. Mengapa saya katakan demikian? Dalam ilustrasi langsung yang di perankan oleh artis dan aktor dalam film ini, terdapat dua sejoli muda yang  begitu akrab dan merasa cocok ketika awal bertemu di rumah sakit secara tidak sengaja, dalam karakteristiknya yang lelaki memiliki background keluarga yang broken sedangkan sang wanita di derita dengan penyakit jantung yang terpaksa mengikuti pembelajaran untuk konsumsi otaknya dengan pendidikan homeschooling, ditampilkan dalam sebuah petang mereka berbincang satu sama lain di beranda rumah di lantai 2, disana sang cewek bernama mura membuka perbincangan dengan kata “Burung-burung itu rutin melintas disana sore-sore seperti ini padahal mereka kan tidak memiliki jam” itu namanya insting (jawa vidu; sebagai aktor dalam film tersebut). Mungkin begitu juga dengan kematian dia akan datang karena memang dia telah memiliki waktunya hanya saja kita tidak mengetahui kapan datangnya.


2. Cinta itu adalah kasih sayang untuk saling mengisi. Satu hal yang sangat indah ketika kita memiliki kenalan seorang yang sangat sesuai dengan kepribadian kita, tanpa sedikitpun rasa kekurangan teman, kita akan selalu merasa tenang. Satu contoh yang sangat riil seorang  teman yang kelak memiliki rasa cinta kasih jauh lebih berharga dari pada semua teman yang kaya akan warna bunglonnya.


3. Perjalanan hidup tidak ada yang tahu. Dalam gambaran film tersebut tergambar bayangan ajal terus menghantui sang vino karena ia telah terikat janji dengan pencari donor organ dalam yang ternyata orang tersebut mencari donor jantung untuk di berikan kepada mura, dalam hari-harinya vino selalu melakukan yang terbaik dan selalu menebus akan semua yang kesalahan yang pernah dia lakukan sebelumnya termasuk mengikuti shalat berjama’ah dengan sang ayah  dan di lanjutkan dengan ungkapan maafnya pada ayahnya


    4. Orang miskin tu kebanyakan di pandang sebelah mata; sebuah adegan yang benar-benar mengusik daya berontak mahasiswaku ketika melihat seorang manager bank yang memerlakukan papanya si vino layaknya najis. Terlihat dari dibuangnya bolpoint yang digunakan ayahnya untuk menandatangani surat pembebasan rumah yang dahulu disita oleh orang bank. Dan juga terhadap sikapnya yang langsung mencuci tangannya dengan sabun antiseptick untuk mensterilkan kuman-kuman di tangannya.

   
    5. Curhatan seorang ayah: Nak vino, 3 hal yang paling membuat seorang ayah sedih adalah: ketika melihat anaknya lahir didunia, ketika melihat anaknya sakit dan terakhir ketika melihat anaknya pergi duluan dari pada ayahnya.”


    6. Ternyata jalan kehidupan itu MISTERI. Dalam banyak kasus kita di dunia ini selalu menganggap bawah dunia ini ada di genggaman kita.Naluri sombong manusia tersebut mengatakan bahwa dialah yang berhak mengatur jalan hidupnya dan menjadikan dirinya sesuai dengan yang ia inginkan; padahal semua yang dia lakukan tidak terlepas dan tidak akan pernah terlepas oleh yang namanya takdir Allah, siapa sangka yang sebenarnya ingin mendonorkan jantungnya adalah vino tergantikan dengan jantung ayahnya yang ketika itu tertempak oleh lelaki simpanan istrinya yang telah meninggalkannya jauh-jauh hari ketika hidup mereka benar-benar menyedihkan.



   


 7. Ujian itu salah satunya akan datang tepat dala posisi yang sangat menyedihkan sekali, bayangan manusia selalu ingin menyudahinya. Cobaan dengan sebuah kegembiraan tapi kenyataan seringnya berbeda dari aslinya, tidak semuanya akan selesai sesuai dengan apa yang kita cita-citakan, akan tetapi, akan terus berlanjut dan berlanjut tanpa mengerti kapan akan usainya akan tetapi satu keyakinan pasti akhir dari perjalaan hidup itu akan benar-benar menyenangkan dan menggembirakan jika kita terus bersabar dan juga terus berusaha untuk memperbaikinya. Karena hanya Allahlah yang tahu persis akan nasib dan masa depan  seorang hambanya, terlepas apakah itu berakhir dengan husnul khotimah atau suul khotimah, tapi yang selayaknya kita lakukan adalah pasrah secara total dengan semua kehendak Allah dan selalu memohon akan husnul khotimah yang menjadi akhir dari perjalanan hidup kita.
   

      8. Kenikmatan cinta itu terbukti manakala kita dapat memberi dan menyemangati satu sama lain. Dalam film ini aku mendapatkan pelajaran yang sangat berharga, sebuah pengalaman hidup yang begitu indah ketika kita merasakan cinta yang tulus dari kedua belah pihak yang di ridhoi oleh kedua orang tua, malah didukung dan menjadi ridho kedua orang tua. Bukanlah tampilan cinta yang sering aku dengar dan aku lihat sendiri kenyataannya dengan kedua bola mata ini.


    9. Semua yang berpisah, semua yang kita tinggalkan dan meninggalkan kita, pasti ada gantinya.
Ini adalah keyakinan yang benar-benar hampir mendarah daging dan membumi dalam nalar logikaku yang kemudian membuatku benar-benar ikhlas terhadap semua kesedihan yang pernah ku alami, membuat aku begitu lapang dengan kenyataan indah yang dalam kehidupan yang benar-benar tertata indah setelah kepasrahan secara totalitas.


     10.   Kegembiraan itu akan muncul ketika kita tahu pahitnya perjuangan hidup, nilai sesuatu akan tampak lebih berharga ketika kita tahu berapa harga yang harus kita bayar untuk mendapatkannya, perjuangan belum berakhir selama kita masih hidup, tidak ada hidup yang kita  batasi, kita tidak tahu dan mengerti kapan semuanya akan berakhir.


     11.   Jadilah dirimu sendiri dan katakan ini lah aku dan apa yang kau nilai terhadapku hanya sekelumit dari rahasia terkecil dari ruang hati dalam jasad hidupku.

4 komentar :

  1. wah... bagus-bagus wan isinya blog nt...

    BalasHapus
  2. wah yang bener ust?...
    Syukron ya ust, dah mau komen :-)

    BalasHapus
  3. MasyaAllah, bahasamu mengalir indah, sobat! Memotivasiku yang sedang merindu tanah air, terlebih kata-katamu yang ini : "Semua yang berpisah, semua yang kita tinggalkan dan meninggalkan kita, pasti ada gantinya.
    Ini adalah keyakinan yang benar-benar hampir mendarah daging dan membumi dalam nalar logikaku yang kemudian membuatku benar-benar ikhlas terhadap semua kesedihan yang pernah ku alami, membuat aku begitu lapang dengan kenyataan indah yang dalam kehidupan yang benar-benar tertata indah setelah kepasrahan secara totalitas"

    Terima kasih Sobat..!!

    BalasHapus
  4. Sama-sama nur, terima kasih juga yo tas komennya...

    Syukur Alhamdulillh nur kalau ternyata catatan ini bisa di nikmati; terlebih bisa memotivasi teman awak yang jauh di sudan sana, :-) heheheh...

    Jarak membentang tidak begitu jauh selama masih didunia sobat;
    selalu ada kemungkinan dan selalu besar kemungkinan akan perjumpaan,
    tapi ya,,, walaupun bukan sekarang, Semoga waktunya nanti segera datang.

    semangat terus sobat..!!

    BalasHapus