Kamis, 01 Januari 2015

DOMINASI MASKULIN

       
 
Dominasi Maskulin adalah sebuah analisis etnografi terhadap pembagian kerja berbasis gender yang berlaku dalam masyarakat Qubail yang merepresentasikan tradisi budaya Mediterania. Dalam buku ini, Pierre Bourdieu menawarkan instrumen untuk mengungkap struktur simbolik dari pemahaman bawah sadar androsentris yang bersemayam di alam pikiran kaum laki-laki maupun perempuan di masyakarat kita. Bourdieu menganalisis dominasi maskuin sebagai wujud paradigmatik dari kekerasan simbolik, semacam kekerasan yang tak kasat mata, halus namun pervasif yang sering kali mendapat persetujuan dari pihak yang akan dikuasai. Untuk dapat memahami wujud dari dominasi maskulin ini, Bourdieu melakukan suatu studi sejarah mengenai dehistorisasi melalui lembaga-lembaga sosial seperti keluarga, sekolah, gereja maupun negara yang mengabadikan kuasa laki-laki yang arbitrer.
Buku ini terbagi menjadi 3 bab bahasan, pada bab pertama, Gambaran Besar. Menjelaskan Konstruksi Sosial Tubuh, Inkorporasi Dominasi, Kekerasan Simbolik, Perempuan dalam Ekonomi Harta Simbolik, Virilitas dan Kekerasan.  Bab kedua, Anamnesis Tentang Konstanta-Konstanta Yang Tersembunyu. Meliputi tentang Maskulinitas sebagai Kebangsawanan, Menjadi Feminin sebagai Menjadi Dilihat, Visi Feminin tentang Visi Maskulin. Bab ketiga, Keajengan dan Perubahan. Merupakan pendalaman tentang Kerja Historis Dehistorisasi, Faktor-Faktor Perubahan, Ekonomi Harta Simbolik dan Strategi-Strategi Reproduksi serta Kekuatan Struktur.
            Buku yang berjudul dominasi Maskulin ini adalah hasil terjemahan, karena berbeda bahasa, permasalahan memahami buku ini menjadi kompleks. Permasalahan bahasa menjadi hal utama yang harus diperhatikan. Dari tata bahasa, penggunaan bahasa, pengkaitan istilah dan juga logika berfikir untuk menjelaskan inti pemikiran buku ini serasa masih ‘jelimet’ sehingga sulit untuk dipahami dalam waktu yang relatif singkat, dibutuhkan ketelitian dan kesabaran untuk meneliti apa maksud dari makna setiap kalimatnya, hal ini disebabkan begitu banyaknya ide yang dimasukkan kedalam satu paragraf.

Menurut kami, buku ini tidak cocok dibaca bagi kalangan awam yang baru memasuki pemahaman akan dunia feminisme. Sebab istilah yang digunakan di dalamnya bukan istilah familiar yang biasa di dengar, akan tetapi istilah asing, yang butuh membuka kamus untuk mengetahui maksud istilah tersebut, bertujuan agar akurat informasi dan pemahaman yang di dapatkan. 

Judul Terjemahan    : DOMINASI MASKULIN
Judul Asli                    : La Domination Masculine
Pengarang                   : Pierre Bourdieu
Penerjemah                  : Stephanus Aswar Herwinarko
Penerbit                       : Yogyakarta: Jalasutra
Cetakan                       : Pertama, Juli 2010
Tebal                           : 180 Hlm, 14x21 cm

Sumber Foto: https://s4.bukalapak.com/system/images/3/9/0/0/2/3/4/medium/Dominasi_Maskulin_-_JLS.JPG

0 komentar :

Posting Komentar