Minggu, 27 September 2020

Mindset Sadar Kaya Mardigu - Bossman Sontoloyo

 Review Buku Sadar Kaya Bossman Mardigu Wowiek Prasantyo

Oleh: Irwan Haryono Sirait

.



Awal mengenal pak Mardigu karena kebetulan melihat beliau di podcastsnya Om Deddy Corbuzier, disana beliau saya rasa berbeda, sangat unik, dan menarik. Kedua kalinya melihat shownya di youtubenya Pak. Helmy Yahya, kesan sederhana dari penampilan, luar biasa dalam retorika semakin tampak jelas, setelah itu saya mulai mengikuti beberapa akun sosial medianya mardigu, dan beberapa akun bisnis yang dia bangun dan kembangkan seperti santara, dinaran, dan beberapa anak-anak Bisnis yang pernah beliau ceritakan lewat youtube dan IGTVnya. Jadi pada intinya Bossman Sontoloyo ini mengundang rasa penasaran saya untuk lebih mengenalnya.


Pada kesempatan kali ini, dalam waktu 1 1/2 hari saya habiskan bukunya si Bos Sontoloyo ini dengan judul “Sadar Kaya” sebuah buku yang bahasa ulasannya sangat aktif dan aplikatif, menjadikan pembaca seketika menyukai dunia psikologi, apalagi yang bersangkutan dengan mindset dan alam bawah sadar. 


Agar tidak terlalu lama di pembukaan, maka saya hanya ingin menuliskan judul daftar isi dari buku ini dan poin penting yang saya dapatkan, semoga bisa menginspirasi teman-teman secara langsung dan jika ingin lebih menjiwai, membaca buku ini solusinya: Bahasanya ringan, seperti membaca “misykat” nya Gus. Hamid saya rasa. Unik, asyik, dibawa mengalir mengikuti alur cerita yang tanpa sadar menghanyutkan pembaca ke lembar akhir cerita.


Langsung ke pokok tulisan, buku yang memiliki 206 halaman ini, memiliki 34 Daftar isi, dengan pembahasan sangat singkat tergantung dengan judulnya, dan kerjaan saya disini hanya mengambil petikan-petikan dari setiap judul yang kiranya dapat menjadi quote atau inspirasi bagi yang kebetulan membutuhkan, langsung kita mulai Saja dari Daftar pertama ya:


  1. Prakata [p. iii]

“Baca buku ini dengan santai, kemudian ulangi lagi. Anggap saya ada di samping Anda, sebagai sahabat yang menemani Ada dan membagi rahasia kecil ini kepada Anda. Bacalah buku ini dengan hati. Tapi gunakan lebih dari satu hati: hati-hati. Banyak informasi dalam kehidupan ini, terutama dalam mencari kemakmuran, menjadi tidak akurat setelah Anda membaca buku ini.”


  1. Otak Sama, Nasib Beda? … [p. 1]

“Sekarang kita kembali lagi ke ‘prosperity consciousness’ kesadaran kemakmuran, IQ kaya, tulang kaya, balung sugih. Atau apapun itu. Bagi mind master atau sang pemilik otak, ini semacam software. Jadi 375 orang kaya memiliki software ini, sedangkan 3 miliar yang lain hanya memiliki hardware-nya, tetapi tidak memiliki software itu.”


  1. Millionaire Mindset [p. 5]

“Ubah mindsetmu terlebih dahulu”

“… Semua masalah yang kita alami, itu berasal dari diri sendiri, hal lain di luar diri sendiri hanyalah pelengkap.”


  1. Jangan Membatalkan Do’a … [p. 21]

“Yakinlah 100% bahwa semua do’amu pasti terkabul tanpa tapi, jangan batalkan do’amu dengan persepsimu sendiri, Allah swt maha kuasa untuk mengabulkan do’amu yang terucap maupun yang terlintas, maka Percaya dan yakinlah 100%”


  1. Lepaskan Beban yang Tak Perlu … [p. 36]

“Bagaimana membentuk keyakinan baru? Milikilah keyakinan yang sejalan dengan kemajuan.”


  1. Pertanyakan Keyakinan Anda … [p. 43]

“Jika keyakinan tidak diuji maka keyakinan-lah yang akan menguji Anda”


  1. Magnet Hidup … [p. 46]

“Anda adalah magnet hidup, dan pikiran Anda adalah motonya. Artinya, Anda akan menarik orang-orang, peluang-peluang dan keadaan yang serasi dengan pemikiran-pemikiran dominan Anda ke dalam kehidupan Anda. Intinya semua yang datang ke Anda adalah yang Anda tarik”


“Ubahlah cara pikirmu, maka hidupmu juga akan berubah, sebab apa yang kamu pikirkan itu yang akan terjadi”



  1. Ketidakmungkinan yang Disegerakan … [p. 48]

“otak dan tubuh kita adalah Hardware; cara kita berfikir adalah software; sistem keyakinannya adalah operating system dan aplikasi”



  1. Memahat Itu Butuh Waktu … [p. 51]

“Membangun pola pikir membutuhkan waktu panjang, berhari-hari, berminggu-minggu, berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun, demi mengeluarkan semua bakat dan kebiasaan sukses yang terdapat jauh di dalam diri kita”


“Harus menerobos pemikiran terbatas, dan bersiap membayangkan kemungkinan yang tak terbatas”



  1. Pilih yang Ingin Anda Pikirkan … [p. 58]

“OTAK ANDA HANYA MEMPUNYAI CUKUP RUANG BAGI SATU PIKIRAN SETIAP KALINYA,  baik itu positif ataupun negatif. Anda dapat MENGGANTI sebuah pikiran negatif dengan sebuah pikiran positif, kapanpun Anda Mau.”


  1. Anda Diciptakan untuk sukses … [p. 63]

“Satu-satunya BATAS NYATA yang menjadi penghalang Anda untuk mencapainya adalah batasan-batasan yang ada dalam diri Anda. Batasan yang di dalam pikiran Anda. Hasil pikiran Anda sendiri. Padahal, masa Depan Anda sesungguhnya terbuka lebar, nyaris tak terbatas.”


  1. Pikiran Itu Mencipta … [p. 66]

“Akan lebih baik jika Anda mencoba menenangkan diri terlebih dahulu; beri getaran bahagia pada diri sendiri dulu; dan buat suasana hati damai terlebih dahulu.”


  1. Pahami Cara Kerja Otak Anda … [p. 70]

“Pahami cara kerja otakmu, dan bersiaplah membangun pola pikir yang baru”


  1. Persepsi adalah Biang Masalah … [p. 81]

“Apa yang kamu idamkan dan inginkan, akan mengunci dirinya untukmu, percaya itu akan terealisasi, maka itu akan terjadi”


  1. Melihat ke Dalam Diri … [p. 87]

“Kemana tujuan Anda dan bagaimana Anda mencapainya. Sesungguhnya tujuan Anda hanya dibatasi oleh imajinasi Anda, maka bebaskanlah pikiran Anda.”


  1. Dobrak Mitos … [p. 92]

“Ingat, ketika Anda berbicara dengan diri sendiri, otak Anda menerima kata-kata itu sebagai perintah. Your wish is a command!”


  1. Anda Patut Mendapat yang Terbaik … [p. 95]

“Sukses atau kaya adalah masalah perilaku atau attitude. Kaya Atau sukses adalah produk sampingan dari sebuah perilaku kaya.”


  1. Apa Itu Pikiran? … [p. 106]

“Jika Anda memiliki sofware kemakmuran, seberapa pun miskinnya Anda saat ini, seberapa pun terbatasnya sumber materi Anda, dalam waktu singkat Anda akan hidup berkecukupan.”


  1. Hardware Buatan Tuhan, Software Buatan Manusia … [p. 109]

“Software akan terpasang otomatis melewati apa yang kamu lakukan berulang-ulang, disadari atau tanpa disadari. Maka pasanglah software suksesmu setiap hari”


  1. Apa Saja Isi Alam Bawah Sadar Seseorang? … [p. 112]

“Pengorbanan itu juga adalah pilihan”


  1. Seberapa Laparkah Anda? … [p. 122]

“Ceburkan dirimu dalam lautan kesuksesan, dan bergeraklah agar kepalamu masih terus dipermukaan atau berenanglah menuju tepian agar kamu bisa terus bernapas”


“Jika lapar, carilah makanan halalmu, kamu sudah tahu bagaimana caranya! Jika bertanya lagi hanya akan menunjukkan betapa ragu-ragunya dirimu dalam hidupmu”


  1. Harga sebuah kesuksesan … [p. 130]

“Inilah harga sebuah keindahan, mas. Bukannya kehidupan pun begitu?”


“Kesuksesan memiliki harga yang harus dibayar”


“Harga sebuah keindahan terkadang cidera yang lumayan parah, tapi sembunyikanlah! Orang-orang tidak mesti tahu apa yang terjadi dibalik layar, cukup apa yang mereka lihat menjadi penilaiannya.”

  1. Pentingnya meraih kepercayaan Seseorang … [p. 140]

“Temanmu saat ini adalah pemimpin di masa depan”


“Berivestasilah pada teman saat ini, sebab kamu akan membutuhkannya jika kelak kamu bukanlah siapa-siapa.”


  1. Kompetensi Bawah Sadar … [p. 148]

“Siapa pun bisa memiliki kompetensi bawah sadar untuk mempermudah langkah masing-masing menuju sukses. Yang diperlukan hanya latihan.”


“Apa saja bisa dicapai dan dipelajari, yang diperlukan hanya latihan”


  1. Cari 20 Cara Meningkatkan Pendapatan … [p. 155]

“Otak pikiran sadar mulai mandek kehabisan data. lalu, Anda mulai menggali ke sisi dalam Anda, inward looking. Inilah sisi menarik karena perjalanan ke dalam diri sebenarnya menuju ketidakterhinggaan. Perjalanan pikiran menuju hati adalah perjalanan transendental.”


  1. Menggenggam Impian … [p. 166]

“Buat Fondasi impian kamu!”


“Jika kehidupan memukulmu keras, pukul kembali lebih keras, jika kamu jatuh tapi mantulmu lebih tinggi dari jatuhmu, itu namanya peningkatan.”


“Impian bisa mengubah fakta, Selama kamu percaya dan tidak menyerah”


  1. Percaya Dulu, Baru Anda Akan Melihat … [p. 172]

“Believe first, then you will see”

“Dalam prosperity consciousness, Anda harus percaya dulu, pasti Anda akan melihatnya”


“Setelah hati memilih, pikiran bekerja, semesta di luar kita akan menerima getaran vibrasi-nya.”


“Beri dulu, rawat dulu, pelihara dulu. give first, then you will get”


  1. Kekuatan Untuk Melepaskan … [p. 175]

“Jalanilah hidupmu sebagaimana yang kamu rencanakan, tanpa kamu sadari hidupmu akan bergeser perlahan-lahan ke arah cita-cita dan impianmu”


  1. Tentukan Tujuan yang Jelas … [p. 176]

“Alasan yang kuat, tujuan, dan arah adalah hal paling dasar setelah Anda mengatakan, ‘saya ingin menjadi sesuatu yang baru.’ Visi-misi Anda harus jelas dan terang. Visi adalah ‘big picture’ Anda. Misi adalah cacahan mencapainya.”


  1. Pengulangan Merupakan keunggulan … [p. 179]

“Fokus pada impian dan terus ulangi”


  1. Lakukan sekarang juga … [p. 183]

“Software pikiran itu hanya mengenal kalimat ‘sekarang’ atau ‘present tense’ jadi, kerjakan Apa pun sekarang, seakan Anda sudah memiliki.”


“Apa pun yang Anda percayai dan inginkan dalam pikiran, Anda ulangi berkali-kali bahwa Anda sudah di sana dan sudah memilikinya.”


“Sebagai catatan, kenalan dan teman nongkrong dua hal berbeda, saya mungkin punya ribuan kenalan, tetapi teman nongkrong sangat sedikit. Mungkin karena pada dasarnya saya introvert, saya harus mengizinkan diri saya dulu untuk menerima mereka menjadi sahabat dan teman nongkrong. Saya jelaskan lagi, teman-teman saya yang miliuner ini adalah teman nongkrong.”


“Install software baru tentang kemakmuran, (ini ilmu praktek bukan teori jadi harus dipraktekkan).”


“Yakin seyakin-yakinnya bahwa saya adalah mereka (miliuner), maka kamu akan menjadi seperti mereka, berpikir seperti mereka, bersikap seperti mereka, bercanda dan bergaul layaknya mereka bergaul”



  1. Kata-kata adalah Do’a … [p. 193]


Bahasa adalah susunan kata-kata.
Bicara adalah cara merangkai kata-kata.

Komunikasi adalah gabungan bicara verbal, intonasi, pemilihan kata-kata, gerak tubuh, mikroekspresi wajah dan pergerakan mata.

Orang sejahtera adalah mereka yang bisa menghidupi dirinya sendiri

Orang Sentosa adalah mereka yang mempu menghidupi dirinya plus keluarganya

Orang Makmur adalah Sentosa ditambah sudah memiliki tambahan aset produktif


Dalam Bahasa Cina kita kenal kata taipan untuk manusia superkaya.

Dalam Bahasa Inggris Amerika kita kenal istilah:

‘sugar baron’ (raja gula), ‘property mogul’ (raja properti), ‘tycoon’, ‘billionaire’, ‘big whaler’ (gamler), ‘big boy’ (market mover valas), dan banyak isitlah lagi yang memberikan arti spesifik akan simbol kekayaan, ‘The Titans’(CEO top), ‘Board Room’, ‘Chamber of commerce’, 

“Kata-kata tidak hanya merubah realita tapi juga merubah mindset manusia.”

“Kata-kata dan manusia adalah dua hal yang sama. Sama-sama harus dipilih katanya dan harus ditata ulang pola pikirnya.


  1. Penutup … [p. 201]

“Mengapa Anda membaca tulisan ini pun bukan hal yang tidak sengaja. Pasti ada yang menuntunnya. Percayalah, tidak ada yang tidak sengaja di dunia ini. Pahami setiap tulisan di sini. Biarkan ide-ide di sini mengubah pemikiran lama Anda, dan mengubahnya menjadi lebih baik.”


terkahir, izinkan saya untuk mengucapkan, “SELAMAT DATANG, ANDA YANG BARU”



  1. Tentang Penulis … [p. 204]

“Dia dikenal dengan banyak identitas dan brand diri, tapi saat pertama saya mengenal Bossman Sontoloyo ini, yaitu sebagai penulis dan bisnis man, jadi lebih lapang mengenalnya sebagai sosok ‘Die Hard Entrepeneur’(pengusaha yang tidak ada matinya). ”


Padahal niat awal ingin menuliskan poin penting buku ini hanya sedikit, ternyata sampai 1600-san kata juga ya, sampai di ujung tulisan lumayan banyak juga rupanya, tapi alhamdulillah sudah selesai review saya, pokoknya selamat membaca, semoga terhibur, dan terinspirasi. 


0 komentar :

Posting Komentar