Iklan Multipleks Baru

Monday, February 8, 2021

7 Prinsip dan Rahasia Kesuksesan Steve Jobs



Sering kali kita dapatkan bahwa orang-orang sukses itu sosoknya terlihat kontroversial, sehingga dari sosoknya saja melahirkan banyak perdebatan, diskusi, dan kajian-kajian ilmiah, baik skala lokal, nasional maupun internasional.


Biasanya yang didiskusikannya adalah seputar hal-hal yang prinsipil, sebab dari sana beranjak perbedaan masing-masing orang di muka dunia ini. Untuk itu, di sini akan saya tuliskan  7 Prinsip dan Rahasia Kesuksesan Steve Jobs. Dengan uraian singkat sebagai berikut:


Prinsip 1. Lakukan Yang Anda Sukai

“People with passion can change the world for the better” steve selalu mengikuti apa kata hatinya. Menurutnya, passion itulah yang membuat adanya perbedaan. Akan sulit untuk menghasilkan ide yang baru dan kreatif ketika Anda tidak memiliki ketertarikan dan minat khusus pada apa yang Anda kerjakan.

 

Prinsip 2. Bebaskan Visi Anda

Visilah yang mengarahkan tujuan pada sesuatu yang benar-benar diinginkan. 

Rumusannya adalah: Visi = tujuan, kerja keras= roket, passion = bahan bakarnya. Maka kesimpulannya: Jika telah memiliki visi yang jelas dan terukur menurut kita pribadi, maka bekerjalah maksimal, tidak ada kata menyesal jika itu passion kita, tidak ada kata pembagian waktu jika itu hoby kita, tidak ada hitung-hitungan jika itu memang benar-benar inginnya kita.

 

Prinsip 3. Perkaya Pikiran Anda

“Creativity is connecting things” connecting things yang dimaksud steve adalah kemampuan untuk “mencuri” inspirasi dari industry dan tempat-tempat lain. Dalam hidupnya memberi makan sisi kreatif diri bisa dengan banyak hal dan banyak cara, inspirasi dari berbagai tempat, buku telepon, meditasi, dll

 

Prinsip 4. Jangan Menjual Produk, Tapi Juallah Mimpi

“Some people think you’ve got to be crazy to buy a mac, but in that craziness we see genius” kata Jobs. Bagaimana Anda melihat pelanggan Anda? Bantulah mereka melepaskan sisi geniusnya dan Anda akan memenangkan hati dan pikiran mereka. 


Orang yang membeli produk apple, bukanlah “pelanggan” mereka adalah orang-orang yang dipenuhi dengan harapan, mimpi dan ambisi.

 

 

Prinsip 5. Katakan Tidak kepada 1000 Hal

“I’m as proud of what we don’t do as I am of what we do” jobs suatu ketika ia berkomitmen untuk mengembangkan produk dengan desain yang sederhana dan rapi. Dalam dunia Apple inovasi adalah menghilangkan hal-hal yang tidak perlu. Dengan demikian, hal-hal yang penting akan terlihat. 

 

Prinsip 6. Ciptakan Pengalaman Yang Sangat Menyenangkan

Mereka punya staf ahli, konsultan, dan teknisi genius, tapi tidak ada kasir. Mengapa? Karena Apple store bukanlah bisnis yang “menjual sesuatu” mereka adalah bisnis yang “memperkaya hidup,” Disinilah perbedaan besarnya.

 

Prinsip 7. Kuasai Pesannya.

Anda bisa saja memiliki ide paling inovatif sedunia. Namun, apabila Anda tidak bisa membuat orang lain memahami dan merasa excited dengan ide Anda, maka akan sia-sia.


Sumber: Alissa Taufiq. 2020. Belajar Cara Berpikir dan Bekerja Para Miliader Dunia. Yogyakarta: Araska. P. 148-152

0 comments :

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi dan berkomentar bijak di situs ini.

Dalam Feed

Dalam Artikel Baru

Display


*PENGALAMAN NYANTRI: Menikmati Setiap Detik Proses Kelak Menjadi Pengalaman Beresensi