Selasa, 11 Januari 2022

Bekal Utama Penulis/Jurnalis


 Dari Kitab berjudul: “Jurnalistik Ala Kiai Gontor” karya KH. Zainuddin Fananie (salah satu pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor) dalam halaman 40 beliau berpesan:

 

“Bekal utama menjadi seorang penulis atau jurnalis, selain memiliki kemauan yang keras, tekad yang bulat, lapang dada, jujur, ikhlas dan rajin, wajib pula memperluas wawasan dan menguasai berbagai bidang ilmu”

 

Sebab menurut beliau, seorang jurnalis jangan sampai menyesatkan pemikiran masyarakat yang masih belum punya pendirian dan terombang-ambing oleh informasi yang kurang akurat.

 

Karena penulis dan jurnalis menurutnya adalah pekerjaan mulia dan penting, sampai-sampai dalam pepatah arab profesi ini diungkapkan dengan ungkapan yang sangat dahsyat:

 

لَوْ نُزِّلَ الوَحْيُ عَلَى غَيْرِ الأَنْبِيَاءِ لَنُزِّلَ عَلَى أَقْلَامِ الكُتَّابِ

“Sekiranya wahyu itu dapat diturunkan kepada selain para nabi, niscaya akan diturunkan kepada para penulis.”

 

Kiranya sekelumit catatan singkat ini, dapat memberikan inspirasi bagi para penulis pemula, dan menambah semangat jihad tulis-menulis bagi para penulis kawakan, senior, maestro, sesepuh, guru dari para guru dan lain sebagainya. 


Dengan segala kerendahan ilmu kami, tak mampu kami menyebut satu persatu dari sekian ahli dengan segala kedalaman kajian keilmuannya, dan kerendahan hatinya dari para syaikh/syaikah 'allamah yang dirahmati oleh Allah swt seluruhnya kami Mohon maaf, semoga kita selalu dalam lindungan Allah swt. Aamiin

Insya Allah. Wallahu Musta’aan. Aamiin.

0 komentar :

Posting Komentar