Senin, 09 November 2020

Nilai Pengembara Mulai Mengudara



Assalamu’alaiku wr wb..

Hai kawan-kawan, pertama-tama aku ingin memperkenalkan diri, namaku: Irwan Haryono Sirait, berasal dari Medan, mencintai dunia tulis menulis dan membaca sejak duduk di bangku KMI kelas 3 tepatnya waktu itu.  

Nilai Pengembara: “Nilainya di dapat dari Mengembara”

.

Adalah podcasts kedua yang aku rilis untuk kujadikan sebuah wadahku menuangkan ide-ide segar, cerita hidup dan cerita dibalik semua yang kulalaui.

 

Awalnya ingin membuat podcast yang membahas sesuatu dari dasar. Seperti pembahasan filsafat hidup gitu, mencari makna hidup, nilai-nilai dalam kehidupan atau filosofi dari nilai kehidupan, sebenarnya banyak opsi-opsi namalah yang mau dibuat.

 

Kalau boleh sedikit cerita, Nilai pengembara adalah nilai nidup, nilai kehidupan yang didapatkan dari hasil perjalanan panjang, selama kaki mampu berjalan, selama mata masih bisa memandang, itu adalah pengembaraan, dan itu pasti ada nilainya.

 

Ide pokoknya:

Pengembara itu adalah manusia. Sejatinya manusia ini adalah pengembara alam semesta, karena ketidaktahuan timbul kaingintahuan, melihat hal indah, merasakan ketakukan, sesekali keragu-raguan, diselingi kebahagiaan, hingga akhirnya  pengembara hanya singgah sebentar, untuk Kembali pulang, jadi tugasnya juga mencari arti hidup dan kehidupan.

 

Nilai: 
ide nilai ini muncul Ketika membaca tulisan kyai H. Hasan Abdullah Sahal dari Ali bin Abi Thalib

Orang yang perhatiannya hanya pada apa yang masuk ke perut, nilai seperti yang keluar dari perut.

 

Jadi mempertinggi filsafat hidup, hidup jangan hanya untuk urusan perut dan syahwat, hendaknya hidup untuk memperjuangkan nilai-nilai luhur yang kita yakini, maka hidup akan lebih berarti dan kelak kalau mati akan mulia.

“qimatul mar’i biqodri maa yuhsinuhu”
Kaliberitas seseorang sesuai dengan kadar kebaikan yang dia lakukan.

  

Pernah minta pendapat beberapa orang tentang nama podcasts, diantaranya:

1.     Filosofi Nilai luhur

2.     Filosofi Nilai

3.     Filsafat Hidup

4.     Nilai-nilai Luhur (nilai-nilai tinggi/agung)

5.     Nilai Pengembara

 

Panjang diskusi, telpon sana sini, tanya sana-sini, minta pendapat sana sini, sampai pada akhirnya terbentuklah podcast ini, “Nilai Pengembara” jadi poin nomor 5 yang terpilih. 


Dari rencana mengudara di Rabu, 9 September 2020, akhirnya baru dapat meluncur di hari ini, Senin, 9 November 2020, tanpa terasa udah 2 bulan juga ya terlewati. 

 

So, mungkin sementara sampai disini penjelasan tentang apa itu podcast nilai pengembara, rencana kedepannya, aku pengen kolaborasi ke beberapa narasumber, jadi mungkin bahasa untuk panggilan diri disesuaikan dengan kondisi.

 

Kadang bisa dengan panggilan Aku, kau, saya, kamu, anda, ana, ente, atum, anti, antunna, ustadz, ustadzah, kakak, adik, dirimu, diriku, ya banyaklah… panggilan yang bakalan dipakai nanti, sesuai pribahasa pernah bilang: “Lain lalang lain ilalang, lain lubuk lain ikannya, maka panggilanpun mengikuti tutur sopan yang berlaku di tempat dan kondisinya.

 

 

Insya Allah Podcastnya akan terbit, setiap hari Jum’at, pukul 05.00 pagi, wib

 

Yah begitu saja dulu perkenalannya kawan-kawan, do’akan untuk kekonsistenan podcast ini, 

Salam Nilai Pengembara: “Nilainya di dapat dari mengembara”

Assalamu’alaiku wr wb..

0 komentar :

Posting Komentar