Minggu, 03 Januari 2021

Apakah Penulis Bisa Menjadi Pengusaha? Jawabannya BISA



       Judul         : Be a Writerpreneur (Trik-Trik Pintar Menulis dan Menjadi Pengusaha dengan Modal Menulis

Penulis      : Hendra Sipayung

Penerbit    : Marsindo Publishing

Cetakan     : Pertama, April 2013

Tebal         : xiv + 221 hal; 148 x210 mm

Toko          : Gramedia Madiun- Jatim
Harga        : Rp. 57.000,- ( Kamis, 12/12/13)

 

 

Buku ini menjelaskan cara-cara penulisan yang jitu agar tulisan menjadi marketable dan diterima pembaca. Yang tidak kalah pentingnya, dalam buku ini dijelaskan jenis-jenis usaha (bisnis) yang bisa dibangun dengan keterampilan menulis, sekaligus cara memulainya walau dari nol sekalipun. Penulis yang memang berprofesi sebagai konsultan penulisan ini, menjabarkan trik-triknya dengan detail, mulai dari cara memunculkan motivasi untuk menulis dan berbisnis, memulai bisnis dengna self employment dan akhirnya menjadi pengusaha yang menciptakan lapangan kerja bagi orang lain yang kesemuanya itu berawal dari kemampuan menulis.

Buku yang berisi 221 halam ini menjelaskan banyak hal seputar dunia kepenulisan dalam teori, konsep dan praktek, namun untuk kali ini saya ingin mengambil cuplikan kecil tentang entrepreneur, berikut cuplikannya.

Karakteristik Seorang Entrepreneur

1.     Berani Mengambil Resiko.

 'Risk taker' atau berani mengambil resiko adalah modal awal yang harus dimiliki oleh seseorang calon entrepreneur. 

2.     Kreatif. 

Sanggup melihat celah-celah peluang yang tidak bisa dilihat orang lain.

3.     Seorang Manajer yang Handal. 

·      Perbedaan dari seorang ilmuwan atau pencipta dengan seorang entrepreneur adalah dalam kemampuannya untuk menggerakkan sebuah sistem agar produk yang dihasilkan menguntungkan.

·      Di tangan seorang entrepreneur, sebuah penemuan bisa diproduksi massal dan memberikan keuntungan.

·      Seorang entrepreneur memiliki kemampuan manajerial terhadap sumber daya yang ada untuk menghasilkan sesuatu yang bernilai. 

4. Pencipta Pertumbuhan.

Tangan seorang entrepreneur biasanya hangat, apapun usaha skala kecil bisa berkembang menjadi sebuah unit usaha yang besar dibawah kepemimpinannya.


5. Pemimpi. 

Seorang yang tidak berpikiran untuk hidup aman, namun berpikir bagaimana bisa meraih sesuatu yang luar biasa. Apa yang dicapai seorang entrepreneur adalah sesuatu yang sudah diimpikannya selama bertahun-tahun.

6. Memiliki Antusiasme dan Semangat yang konsisten

- Hal ini juga disebabkan karena mereka mencintai apa yang mereka kerjakan.

- Apa yang mereka lakukan bukan semata-mata untuk mengejar uang saja, namun lebih pada meraih sesuatu yang menjadi impian mereka sebelumnya.

 

 

 

 

0 komentar :

Posting Komentar