Kamis, 01 Januari 2015

Dinamika Kehidupan Keagaman Di Era Reformasi

Buku ini merupakan laporan lengkap hasil kegiatan penelitian pembimbingan yang telah dilaksanakan dalam tahun anggaran 2009.

Buku ini menyajikan hasil penelitian peserta bimbingan penelitian sehingga hasilnya cukup variatif, karena masing-masing peneliti memilih obyek studi dengan berbagai pertimbangan masing-masing. Hasil penelitian yang dihimpun dalam buku ini adalah seagai berikut:

1.      Hubungan LSM-pemerintah, dimana dalam posisinya masing-masing telah cukup berperan dalam upaya pemeliharaan kerukunan umat beragama di Indonesia.

2.      Komunitas Betawi mampu mempertahankan tradisi agamanya, karena semua tradisi itu dikemas dalam bentuk kegiatan keagamaan sebagai bagian dari kepercayaan dan ajaran agama yang harus diamalkan.

3.      Dan keragaman dalam pandangan aktivitas dan tokoh musim di Depok terkait dengan pemahaman tentang HAM, kebebasan beragama dan berkepercayaan. Ada informan yang berpandangna ingklusif dan ada pula yang eksklusif. Informan yang berpandangan inklusif menerima gagasan universal HAM termasuk ketnentuan kebebasan beragama atau bekepercayaan. HAM. Tidak perlu dipandang sebagai konsep yang bertentangan dengan Islam. Informan yang berpandang eksklusif menggunakan alasan teologis dan historis. Secara teologis Islam meiliki sumber autentik yang dapat dijadikan legitimasi penerimaan umat Islam terhadap HAM, yakni al-Quran. Empat, lima dan seterusnya dapat di baca pada pengantar.

Demikian semoga buku ini bermanfaat untuk kepentingan penelitian di kemudian hari dan dapat menambah wawasan bagi para pembaca umumnya, dan khususnya dapat dijadikan sebagai bahan masukan bagi kebijakan pemerintah. Instansi terkait dalam pembinaan kehidupan beragama dan berdemokrasi di negeri ini.  


Judul buku    :Dinamika Kehidupan Keagaman Di Era Reformasi
Pengarang       : Abd. A’la
Penerbit           : Kanisius
Cetakan           : Lima, 2013
Tebal               : 158 Hlm, 14,5x21 cm

* Sumber Foto: http://simbi.kemenag.go.id/pustaka/index.php/pustaka-islami/lainnya/115-damaikan-kehidupan-keagamaan-di-era-reformasi

0 komentar :

Posting Komentar