Selasa, 18 Mei 2021

Bertanggungjawablah Atas Keputusanmu!


Tidak ada yang akan menyalahkanmu akan setiap keputusanmu, sebab setiap belahan terkecil dari keputusanmu akan memberikan perubahan kecil ataupun besar dalam hidupmu! Sekali lagi yang berubah adalah kehidupanmu, bukan kehidupan orang lain. Maka pikirkan matang-matang dari keputusanmu dan bertanggungjawablah.


Keputusan seperti koin yang memiliki 2 sisi, satu sisi menyalahkanmu satu sisi akan mendukungmu, mungkin terkadang terlihat jelas perbedaan gambarannya, namun secara esensial semuanya sama tergantung bagaimana semangat kamu menggunakannya. Koin memiliki esensi nilai yang sama, tergantung orang membelanjakannya, sama halnya dengan dirimu, memiliki jalan berbeda dalam setiap keputusanmu, namun apapun itu keputusannya tetap esensimu tidak akan terkuras, karena kamu tetaplah kamu, kamu bukan orang lain, orang lain bukanlah kamu, tetaplah berpegang pada tanggungjawabmu terhadap seluruh keputusanmu.


Bertanggungjawab. Tidak ada yang mengajarimu tentang tanggungjawab selain dirimu sendiri yang membuka diri UNTUK PAHAM akan kejadian alam sekitarmu. Oleh karena ucapanmu yang tidak konsisten orang lain mengenalmu sebagai diri yang labil, oleh sebab caramu mengambil keputusan yang seakan tarik-ulur, menjadikanmu orang yang plin-plan di pikiran orang, sekali lagi jangan salahkan orang! Orang tidak salah. Orang hanya menilai apa yang tampak, jika kamu menunjukkan itu, maka itulah penilaian orang! Maka hal terbaik yang harus kamu lakukan adalah, hati-hati dalam berbicara, pahami setiap kata yang keluar dari lisanmu, dan kerjakan itu, jangan pernah berbohong, jangan pernah berkhianat, jangan pernah mengingkari janji. Semua yang kamu lakukan ada sisi yang perlu kamu pertanggungjawabkan dan kamu jaga sebagai bukti kedewasaanmu. dan paling penting bukti janjimu pada dirimu sendiri.


Bertanggungjawab atas keputusan adalah satu kata emas pagi ini yang mengantarkanku akan nilai baru dalam mengarungi hidup, tak masalah apa itu keputusan yang kamu ambil, sekalipun itu keputusan yang terburuk, tapi dengan itu kamu harus bangkit ribuan kali, bersiaplah untuk bangkit kembali, bahkan melebihi dari berdiri sebelumnya, tidak masalah kamu menjadi orang tersalah dalam mengambil keputusan, namun jika kamu bertangungjawab untuk itu, kamu pasti tahu jalan keluarnya, kamu pasti tahu cara untuk bangkit kembali, kamu pasti tidak lupa semangat apa yang harus digenggam erat sebagai bukti janjimu pada dirimu sendiri.


Akhir kata sebelum menutup tulisan, kamu bebas untuk memutuskan apapun itu hal yang ingin kamu seriusi dan jalani, hanya satu yang harus kamu sadari, setiap keputusan ada harga yang harus kamu beli, setiap keputusan ada kerjaan yang harus kamu selesaikan, setiap keputusan ada rintangan dan ujian yang harus kamu lewati dan tuntaskan. Jika telah sadar akan konsekuensi, maka jangan ragu dalam mengambil keputusan, kamu adalah apa yang kamu pikirkan, apa yang kamu pikirkan biasanya itu yang kamu kerjakan, dan hasil dari apa yang kamu kerjakan itulah hakikat sebenarnya dirimu. Maka sejujurnya tanggungjawab atas keputusan adalah terletak pada pergerakan yang kamu lakukan usai kamu mengambil keputusan tersebut.


Terima kasih.

Semoga menginspirasi.



Note:


* Medan

Selasa, 18 Mei 2021/ 06 syawal 1442

0 komentar :

Posting Komentar