Senin, 01 Juli 2019

Jadilah Dirimu Sendiri

Jadilah dirimu sendiri, sebab dengan menjadi diri sendiri… Kamu akan melakukan semua kegiatanmu dengan semangat dari dalam dirimu, dan itu jauh lebih luar biasa dari pada semangat yang dihembuskan dari luar dirimu, terasa sejuk sejenak namun kembali ke suhu dasar juga pada akhirnya.

Keberanian diri untuk mengatakan bahwa kamu adalah kamu dan dia adalah dia, merupakan sikap berani yang belum tentu semua orang dapat melakukannya. Dengan keberanian yang ada dari dalam dirimu maka kamulah yang mengontrol sepenuhnya terhadap hidupmu. Kamulah raja dari hidupmu dan kamulah pengendali penuh terhadap hidupmu, cita-citamu, senang dan sedihmu, marah dan ramahmu, ketika kemampuan mengetahui dirimu meningkat pada saat itulah kemudian sikap keyakinan terbatasmupun akan hilang menjadi tak terbatas.

Ketika kamu mengetahui siapa kamu sebenarnya, dengan sendirinya potensimu akan keluar, selalu berupaya mencari jalan keluar dari setiap masalah, mencari benang merah dari setiap sengketa, dan melihat sisi positif setiap kali musibah datang yang menerpa, begitulah kira-kira keutamaan mengetahui diri sendiri.

bahkan sebuah hikmah “Barang siapa mengetahui dirinya sendiri maka dia telah mengetahui siapa tuhannya” bukankah besar kaitannya jati diri dengan nilai ketuhanan? Maka dari itu sangat jarang di dapat orang yang Positif thinking jauh dari keyakinan “iman kepada zat yang maha agung dan maha akbar”.

Setidaknya 3 keuntungan jika kamu berhasil menjadi pribadimu sendiri:

Pertama: Rajin Akan Mengiri Setiap Pekerjaanmu. Banyak pepatah mengatakan, orang rajin/ tekun dapat mengalahkan orang pintar yang malas, dan dapat melampaui orang jenius yang tertutup. Mengapa bisa demikian? Sebab biasanya jika dorongan sesuatu atas kemauan diri sendiri, maka banyak hal akan tercipta begitu saja, bahkan cendrung terarah penuh dengan tekad dan passion. Kalau Sudah passion cirinya dalam tanggungjawab tanpa di perintah, sudah dikerjakannya. Tanpa di suruh berfikir telah berinisiatif duluan, tanpa di ajari sudah mencari tahu sendiri bagaimana cara kerja suatu hal yang tidak di ketahuinya, selalu ada saja jalan bagi mereka yang menemukan jalan dan menentukan pilihan yang tepat. Begitulah efek positif jika rajin sudah bertemu dengan mereka yang paham akan diri dan pribadinya sendiri.

Kedua: Kreatif. Dalam hidup hampir setiap saat permasalahan silih berganti, terlepas apakah itu permasalah sepele, menengah, maupun masalah besar, semuanya mau tidak mau pasti datang bergantian. Namun hal yang menarik ketika semua permasalahan itu ditanggapi dengan hati dingin dan pikiran kreatif.
Hanya di pikiran orang kreatiflah permasalahan menjadi bukan masalah, tapi menjadi peluang. Sebab ketika berhadapan pada masalah dia bukan memikirkan masalahnya tapi berfokus pada peluang di balik masalah yang ada, atau masalah tidak pernah berlarut-larut lama, sebab gilingan otak kreatifnya terus menggiling ramuannya, bagaimana agar masalah itu selesai, dia lebih memilih menjadi bagian dari solusi. 

Menarik bukan? Sedetik setelah itu, baginya tantangan menjadi batu loncatan ke arah yang lebih baik, mendorong kepada sikap yang lebih produktif. Hidup telalu pendek untuk hanya melakukan pekerjaan yang tidak Anda nikmati. Begitulah kira-kira kawan… :-)

Ketiga: Fokus. Orang terbagi menjadi 2 dalam menjalani hidup, ada yang fokus dan ada yang tidak fokus. Yang fokus cirinya selalu mengerjakan semua pekerjaannya tertib dan konsisten. Sebab besar keyakinannya bahwa sukses membutuhkan usaha dan tindakan konkrit yang konsisten, bukan malas yang terus di perlihara, dia yakin betul bahwa kemalasan bukan bagian dari permainan, kemalasan adalah bahan terlarang bagi keberlangsungan masa depan.

Sedangkan yang tidak fokus adalah kebalikannya. Cirinya selalu menunda pekerjaan, mengeluh dalam setiap pekerjaan dan waktu, memandang  dari sisi yang negatif berkepanjangan.dan yang paling menakutkan adalah ketika berangan keberhasilan di banyak bidang namun tidak ada mengerjakan satu tindakan pasti sekalipun untuk mencapai keberhasilan yang dimimpikannya.

Demikianlah 3 keuntungan paling sedikit dari diri yang tahu akan maziyyah diri sendiri, Rajin, Kreatif dan Fokus, rasaku tidak ada tujuan yang tidak bisa tercapai jika semua hal ini bergabung dalam diri seseorang.
Rajinnya dapat melewati setiap ketidak tahuan, kreatifnya dapat membolak balikkan sedih menjadi riag, gundah menjadi senang, dan paling terpenting masalah diubahnya menjadi peluang, dan terakhir Fokus, Karena sikap inilah semua orang bisa lebih terperinci memandang arah kehidupan. Menjadi Diri Sendiri Menjadikanmu Manusia Tak Terbatas


untuk kamu yang punya catatan tambahan efek positif bagi mereka yang tahu akan jati diri, monggo di share… 

0 komentar :

Posting Komentar