Kamis, 01 Januari 2015

GENDER & PEMBANGUNAN


          
Buku ini melihat posisi dan kondisi perempuan di seluruh dunia; dan berusaha menjelaskan bagaimana diskriminasi sebenarnya berlangsung di pelbagai masyarakat, alasan mengapa dalam banyak hal kaum perempuan dirugikan, dan mengapa inisiatif pembangunan seringkali gagal membantu kaum perempuan.
Buku Gender & Pembangunan ini membagi penjelasannya kedalam 9 Bab, yaitu: Bab 1. Apakah Gender itu? Bab 2. Mengapa Pembangungan Merupakan Isu Gender? Bab 3. Ibu dan Ibu Rumah Tangga? Bab 4. Mendukung dan Menolak Subordinasi Gender. Bab 5. “Tiga Lapis Penindasan”: Gender, Kelas, dan Kasta di Dunia Pascakolonial. Bab 6. Pembangunan di Persimpangan Jalan. Bab 7. Menilai Kembali Peran Perempuan. Bab 8. Beberapa Isu Praktis dalam Pembangunan. Bab 9. Aktor Perubahan Sosial.
            Buku ini memberikan contoh-contoh kerja Oxfam dengan para mitra dikawasan Selatan yang melibatkan diri untuk memperhatikan kebutuhan perempuan di masa kin dan masa yang lebih panjang demi perubahan kulutral dan social. Dalam keseluruhan uraian buku ini, terdapat banyak ilustrasi tentang kaum perempuan yang bvekerja bersama untuk mengatakasi kendala-kendala ang dihadapinya. Pesannya jelas: dunia tidak bisa lagi mengabaikan suara kaum perempuan. Jika kaum perempuan memiliki kesempatan di dengar, dimintai pendapat serta dilibatkan dalam perencanaan dan penerapan projek pembangunan, dampak dan keuntungan pembangunan bagi kaum perempuan dan seluruh kominitas akan lebih besar.
Karena buku ini adalah terjemahan, jadi dalam beberapa contoh kasus yang diilustrasikan menggambarkan tentang keadaan mereka dan Negara sekitar penulis tinggal, sehingga untuk beberapa contoh dapat mudah di pahami dan untuk contoh lainnya di butuhkan pemahaman tentang kultur dan budaya disana.
Buku ini bebas di baca bagi yang telah memiliki dasar pengertian tentang definisi gender dan awal mula sejarah perkembangannya; lebih khusus teruntuk kalangan akademisi yang mendalami bahasan gender/ feminism. Semoga bisa membantu. Wallahu’alam bisshoab….

Judul buku    : GENDER & PEMBANGUNAN
Judul Asli        : Half The World, Half a Chance (An introduction to Gender and
  Development)
Pengarang       : Julia Cleves Mosse
Penerbit           : Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Cetakan           : Ke Lima, Januari 2007
Tebal               : 283 Hlm, 15x20,5 cm

*Sumber Foto : http://www.homerianshop.com/product.php?category=1&product_id=1520


0 komentar :

Posting Komentar