Jumat, 12 Februari 2021

Jadilah Leader dan Bentuklah Team Work Ideal


 Friday, February 12, 2021

 

Dari sebuah buku kuning, berjudulkan: “Belajar Cara Berpikir dan Bekerja Para Miliader Dunia” Aku mendapatkan kunci menciptakan uang miliaran rupiah ternyata tidak bisa dengan bekerja sendiri. Tapi harus dengan kerja tim, dan kemudian pertanyaannya, bagaimana kita membangun tim yang solid? Berikut beberapa tips yang bisa kita terapkan bersama.

 

1.     Standarisasi pengetahuan

Caranya, ajak semua anggota berkumpul secara rutin untuk berbagi pengetahuan yang tidak diketahui oleh anggota tertentu agar standarisasi dapat diciptakan.

2.     Arahan, contoh dan penjelasan

Seorang leader harus mampu memberikan arahan. Anda harus menyesuaikan dengan kemampuan yang dimiliki oleh anggota agar pemahaman yang dikomunikasikan sesuai dengan maksud dan keinginan Anda, dan anggota dapat menyelesaikan tugas tanpa kebingungan.

3.     Sesuaikan tugas dengan kemampuan
memahami kemampuan setiap anggotanya. Setiap orang itu berbeda. Jadi, berikan tugas yang sesuai dengan kemampuan anggota.

4.     Pantau delegasi
Anda harus rajin kontrol kemajuan delegasi yang Anda berikan untuk memastikan semua sesuai rencana dan tidak ada kebingungan penyelesaian delegasi tersebut.

 

5.     Agendakan pertemuan di luar tugas
Luangkan waktu Anda mungkin setiap minggu untuk berbicara dengan setiap anggota tim secara personal maupun secara bersamaan dengan tujuan mengetahui kendala-kendala yang ditemui selama bekerja. Yakini bahwa semakin banyak kendala yang ditemukan, maka akan semakin cepat salah tadi diatasi, sehingga dapat cepat melangkah maju.

 

6.     Jadilah leader, bukan bos

Maksudnya, berikan arahan dan masukan serta bantu memecahkan masalah jika dibutuhkan, bukan hanya mendelegasikan tugas dan pergi. Selanjutnya, pada waktu deadline langsung meminta hasilnya.

7.     Penguasaan konseptual, komunikasi, dan teknikal
Tujuan penguasaan ini yaitu supaya leader dapat memperkirakan waktu deadline, komposisi tugas, dan mampu membimbing anggota.

 

8.     Fasilitas kebutuhan kerja
Fasilitas yang mencukupi akan mendukung terselesainya tugas dengan cepat dan tepat.

 

9.     Ciptakan suasana kerja yang nyaman
Tanamkan bahwa saling menghargai dan memahami dalam menciptkan kenyamanan itu indah.

 

10.  Aktualisasi diri anggota
Aktualisasi diri merupakan tingkatan tertinggi dari teori kebutuhan Abraham Maslow

 

11.  Kultur di setiap Tindakan 

Membuat kultur (budaya) sebagai tolok ukur dalam melaksanakan segala aktivitas.

12.  Sasaran strategis kerja yang jelas
Pemahaman anggota atas sasaran strategis kerja, yang jelas mampu membimbing anggota ke jalan yang searah dengan tujuan. Sebaliknya, jika sasaran strategis kerja tidak jelas, maka anggota dan leader pun akan bekerja tanpa ada petunjuk arah.

 

13.  Setiap anggota memiliki konstribusi yang sama
Keyakinan anggota tim, bahwa setiap dari mereka adalah bagian yang penting dan tidak dapat dipisahkan.

 

14.  Ketahui potensi individu anggota
Yang harus Anda lakukan yaitu menyediakan wadah, minat dan bakat mereka.

 

15.  Terbuka atas saran dan perubahan
Seorang leader diwajibkan untuk peka atas perubahan dan menerima saran dari semua anggota, karena setiap anggota memiliki data yang valid untuk dijadikan pertimbangan.

 

16.  Penyelesaian masalah bukanlah siapa yang bersalah
Mencari tahu letak masalah dan jalan keluar mengatasi masalah. Bukannya mencari orang yang salah dan menghukumnya. Menghukum tidak benar-benar membuat seseorang jera. Justru terkadang juga semakin membuatnya tidak peka. Maka fokuslah pada Tindakan penyelesaiannya bukan pada masalahnya dan juga bukan pada yang ingin disalahkan dari masalah tersebut.

 

17.  Konsisten.

Apapun yang terjadi, kita harus konsisten sebelum apa yang kita yakini terbukti berhasil. Karena tanpa konsistensi, akan sulit mencapai tujuan yang sebenarnya yang hanya tinggal beberapa langkah lagi ke depan.

 

 

0 komentar :

Posting Komentar