Iklan Multipleks Baru

Tuesday, June 27, 2023

Pengalaman Nyantri Unik: Pemeriksaan Lemari Santri Sebelum Ujian Upaya Mendisiplinkan Fokus Belajar




Salah satu tradisi unik di pesantren menjelang ujian adalah pemeriksaan lemari. Namun sayang tradisi ini pula yang menjadi mimpi buruk bagi santri. Pasalnya dalam agenda ini, santri harus ikhlas lemarinya diperiksa, harus ridho melihat pintu lemarinya dibuka, buku-buku diperiksa, barang-barang pribadinya ditanyai, sampai bila ada barang terlarang lalu disita, harus siap sedia mengikhlaskannya untuk diamankan ke kantor pengasuhan pusat.

 

Tapi uniknya, menjadi satu kegembiraan sendiri, mana kala barang yang disembunyikan tidak ditemukan, sehingga tidak disita, itu bahagianya luar biasa. Bisa jadi bahan kebanggaan bagi teman yang habis di sita mayoritas barang-barangnya, heheehe… Memang sesederhana itu kebahagiaan santri semasa sekolah.

 

Pemeriksaan lemari sebelum ujian adalah upaya mendisiplinkan fokus belajar santri dan juga bagian dari menjaga tradisi yang baik tetap berjalan, sambil terus berprogres menjadi lebih baik dari waktu ke waktu.

 

Pemeriksaan lemari ini, bukan dilakukan tanpa tujuan, malah tujuannya teramat sangat penting diantaranya menyita barang-barang terlarang yang di simpan para santri. Seperti pisau/cutter, benda runcing seperti paku, obeng dan sejenisnya, lilin, lampu teplok/semprong, barang-barang elektronik, atau barang berbahaya lainnya yang tersimpan di lemari masing-masing santri/santriwati, sumbernya juga beraneka ragam, ada yang terbawa dari rumah, ada yang nemu di jalan, ada juga yang memang dibeli untuk fungsi dan tujuan yang positif jawab santri biasanya.

 

Selain dari pada itu, ada juga barang terlarang dalam bentuk pelanggaran disiplin, seperti surat cinta, photo-photo tidak mendidik, buku yang tidak mendidik, dan segala sesuatu yang menghilangkan fokus bagi santri untuk belajar.

 

Itu semua dilakukan dalam upaya menjaga disiplin pesantren berjalan lancar sesuai koridor yang seharusnya. Apapun kegiatan santri di pesantren, nilai-nilai kedisiplinan tidak boleh hilang dari aktivitas pondok. 


“Siapapun pemimpinnya disiplin adalah identitas yang harus dibawa kemana-mana. Sebab hilangnya disiplin tanda akan hilangnya marwah dan wajah dari suatu lembaga pendidikan.”


Maka dari itu, agenda pemeriksaan lemari/kotak ini adalah salah satu dari sekian banyak disiplin yang masih terus harus dilestarikan sejak awal berdiri hingga kini.

0 comments :

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi dan berkomentar bijak di situs ini.

Dalam Feed

Dalam Artikel Baru

Display


*PENGALAMAN NYANTRI: Menikmati Setiap Detik Proses Kelak Menjadi Pengalaman Beresensi