Minggu, 07 Februari 2021

Tulislah Buku Yang Kamu Sendiri Suka Membacanya

 


 

                   Judul         : Dijamin 5 Juta Perbulan Dari Menulis

Penulis       : Ahmad Rifa’I Rif’an

Penerbit     : Marsua Media

Cetakan       : -

Tebal          : 125 hlm.

Toko           : Online Langsung ke Penulis
Harga          : Rp. 125.000,- ( Kamis, 12/12/13)

 

……


"Tulislah buku-buku yang best seller. Cirinya kamu puas, senang, tersentuh ketika membacanya, Insya Allah begitu jugalah orang lain."


·      Urusan rezeki Allah yang ngatur. Tapi yang saya percaya, ketika kita mengerjakan segala aktivitas dengan totalitas dan cinta, biasanya aktivitas itulah yang akan membesarkan nama kita nantinya. Rezeki itu mengikuti passion. (p. 26)

       Selain menulis, apa yang mas Rifa’I kerjakan? Saya jadi suami penuh waktu bagi istri saya, dan jadi Ayah penuh waktu bagi anak-anak saya. Maka inilah pesan saya, silahkan berprofesi apa saja. Tetapi jika ingin menjemput rezeki Allah dari jalur menulis, maka saya katakan, peluangnya sangat terbuka lebar. (p. 28)


·      Penulis wajib kaya, mengapa penulis butuh kaya?

Pertama, agar dia bisa lebih banyak mengisi kepalanya dengan ilmu, wawasan, pengalaman, dan pengetahuan. 

Untuk membuat tulisan yang berbobot, tentu butuh banyak referensi dan perenungan mendalam. Maka penulis yang hanya produktif nulis tanpa diimbangi dengan semangat membaca dan belajar, biasaya dia punya banyak, tapi tak ada yang melejit. Karena jika penulis sudah melupakan waktu belajarnya dan memutuskan untuk menulis terus-menerus, khawatirnya tulisannya akan hambar. Sementara untuk menghasilkan karya berbobot butuh waktu panjang untuk riset dan perenungan.

Alasan kedua, mengapa penulis wajib kaya, yakni terkait biaya riset yang kadang tak murah. Misal, untuk menulis satu tema buku yang berkualitas, bisa jadi kita butuh puluhan bahkan ratusan buku lain sebagai referensi dan pembanding, dan buku-buku referensi tersebut seringkali harus dibeli.

·    Kerja satu bulan, nikmati gajinya berbulan-bulan. “Saat kita bekerja sesuai passion, kita akan bekerja sepenuh cinta. Dan pekerjaan yang kita cintai, itulah yang akan membesarkan nama kita. Apalagi jika pekerjaan itu diniatkan kerja dakwah dan ibadah, tak ada yang sulit bagi Allah untuk menghebatkan hidupmu.”

·   Potensi penghasilan yang tak terbatas bisa kita raih jika kita benar-benar mau terus belajar dan mengembangkan inovasi dalam dunia kepenulisan. Kuncinya: Terus berinovasi dan tak berhenti untuk terus belajar.

·   Dunia bergerak dengan sangat cepat, persaingan yang terjadi bukan antara ‘yang malas’ dan ‘yang semangat’. Tapi ‘yang belajar’ dan ‘yang belajar lebih cepat’.

·    Maka jangan pernah berhenti belajar. Jadikan sekelilingmu sebagai kelas, setiap manusia sebagai guru, peristiwa hidup sebagai kurikulum, dan berbagai masalah hidup sebagai ujian. Lalu tuliskan semua pelajaran itu dalam bentuk buku yang menginspirasi ribuan, bahkan jutaan pembaca di Indonesia.

 

....

 

 

 

 

4 komentar :