Iklan Multipleks Baru

Sunday, October 2, 2022

Surat Terbuka Di Buku Nasehat Wisudawan Santri

Assalamu’alaikum wr wb

Anak-anakku sekalian, 

Kelak akan kamu dapati dunia ini luas, besar dan melalaikan. Jalanannya terjal seakan tak terbatas, beruntun masalah akan kamu jumpai nantinya, maka baik-baiklah dan hadapilah dengan hati serta pikiran yang bersih. Jaga-jagalah dirimu sebagaimana kamu menjaga shalatmu selama disini, mudah-mudahan Allah meridhoi dan merahmatimu, sehingga kamu menjadi hamba-Nya yang bersyukur.

Banyak kata yang ingin kami utarakan di secarik kertas ini untuk menemani langkah panjangmu setelah alumni, namun walaupun hanya selembar kiranya cukup sebagai pengingat. Kami ingin mengingatkanmu pada 6 hal ini, yang jika kamu lakukan hidupmu Insya’ Allah akan baik, semakin baik dan lebih baik lagi biiznillah, wallahu’aalam.

1.     Libatkanlah Allah swt dalam segala niat dan aktivitasmu, semoga mudah jalanmu, tercapai angan dan cita, serta bermanfaat sisa umurmu.

 2.     Jalan hidup yang kamu tempuh setelah ini tidak lurus, mungkin berliku, mungkin buntu dan mungkin berlumuran dosa. Maka, jangan pernah berputus asa untuk meminta ampun pada Allah swt, dan bertobatlah setiap kali kamu berdosa. JANGAN PERNAH RAGU!

3.     Jangan terlalu terfokus pada hal besar, sehingga membuatmu menghayal dan lupa pencapain kecil yang lebih berarti. Semangatmu tumbuh dengan penyelesaianmu pada tugas kecilmu yang sempurna. Bergeraklah dari sana secara bertahap; kan kamu dapati proses perkembanganmu yang menjadikanmu bergerak lebih besar, menuntaskan persoalan lebih rumit dan akhirnya berpikir besar, bertindak besar, berkiprah besar, tapi bukan besar kepala, bukan besar ego, bukan besar nafsu dan lain sebagainya, sebab yang maha besar adalah Allah swt. Subhanallah wallahu akbar.

4.     Lakukan apa yang mesti kamu lakukan. Bergerak dari apa yang ada di depan mata. Mulai segala sesuatu dari pencapaian-pencapaian kecil yang ada di sekitarmu sehingga membuatmu positif, membuatmu merasa lebih bersemangat, lalu kerjakanlah aktifitasmu sungguh-sungguh, lakukan sepenuh hati, dan tuntaskanlah. Ingat! Diterimanya pahala dari setiap ‘amal’ (pekerjaan) adalah ketika pekerjaannya terselesaikan dengan sempurna.

 


   5. Dawamkan satu amalan yang dengan itu kamu lalui hidupmu di Bumi Allah swt ini. Bentuknya bermacam. Misalkan: Setiap setelah subuh shodaqoh subuh, sebelum tidur membaca surah al-mulk, istighfar 100 kali usai shalat 5 waktu, membaca yasin setiap setelah subuh, apapun itu bentuk yang kamu dawamkan, Insya Allah akan memberikan satu efek dalam perjalanan hidupmu, bisa itu kemudahan, bisa itu kemurahan rizki, bisa perlindungan hidup di dunia, syafa’at di akhirat bahkan rahmat “fiddaroin” (Di Dunia dan Akhirat) dari Allah swt.

 

   6. Terkhir, se-tamatnya kamu dari pesantren ini, jangan lupa tetap hiduplah dengan pola hidup sehat ala pesantren. Ingatlah konsep normal diri seseorang adalah terus menerus membiasakan olah Pikir yaitu dengan membaca, berdiskusi dan menulis. Olah Dzikir dengan ibadah, tadabbur dan dzikir. Olah Rasadengan memahami sekeliling, belajar musik, memperdalami seni dan Olah Raga agar kebugaran selalu terjaga. 

Demikian sekelumit yang ingin ustadz ingatkan pada anak-anaku sekalian, jika mentok jalanmu, jika terbentur langkahmu, jika lemah kakimu, jika hilang kekokohan prinsipmu, jika lemah kondisimu, ingatlah kamu memiliki Allah swt yang Maha Akbar, bersujudlah, tuangkanlah keluh kesahmu di atas sajadahmu di malam-malam tenangmu, mudah-mudahan kamu menjadi orang yang beruntung. Aamiin ya rabbal’alaim. Wa’aalhu’aalam bisshoab.

Wassalamu’alaikum wr wb


Lumut, 15 Maret 2021

Wassalamu’alaikum wr wb

 Kepala Bidang Pendidikan

 

Irwan Haryono Sirait, S.Fil.I

 

*Dokumentasi 2020-2021

0 comments :

Post a Comment

Terima kasih telah mengunjungi dan berkomentar bijak di situs ini.

Dalam Feed

Dalam Artikel Baru

Display


*PENGALAMAN NYANTRI: Menikmati Setiap Detik Proses Kelak Menjadi Pengalaman Beresensi