Sabtu, 29 Januari 2022

Q & A Filsafat Dasar



1.              Pengertian Filsafat: 

Kata Filsafat berasal dari bahasa Yunani yang berarti philosophia, secara harfiah bermakna "pecinta kebijaksanaan"adalah kajian masalah mendasar dan umum tentang persoalan seperti eksistensi, pengetahuan, nilai, akal, pikiran dan bahasa.

 

2.              Pengertian Filsafat Ilmu

Filsafat ilmu adalah bagian dari filsafat yang menjawab beberapa pertanyaan mengenai hakikat ilmu. Bidang ini mempelajari dasar-dasar filsafat, asumsi dan implikasi dari ilmu, yang termasuk di dalamnya antara lain ilmu alam dan ilmu sosial. Di sini, filsafat ilmu sangat berkaitan erat dengan epistemologi dan ontologi. 

 

3.              Pengertian Pengetahuan dan Agama dan contohnya

Pengetahuan adalah informasi atau maklumat yang diketahui atau disadari oleh seseorang. Pengetahuan juga tidak dibatasi pada deskripsi, hipotesis, konsep, teori, prinsip dan prosedur yang secara probabilitas adalah benar atau berguna. Contohnya adalah ketika seseorang mencicipi masakan yang baru dikenalnya, ia akan mendapatkan pengetahuan tentang bentuk, rasa, dan aroma masakan tersebut, seperti itulah namanya pengetahuan. Sedangkan agama adalah sistem yang mengatur kepercayaan dan peribadatan kepada Tuhan Yang Maha kuasa, serta tata kaidah yang berhubungan dengan budaya, serta pandangan dunia yang menghubungkan antara manusia dengan tatanan kehidupan. Dalam hal ini sistem dan tatanan kehidupan yang dibangun sesuai dengan agama yang diimani, sebab antara agama-agama itu sendiri memiliki ritual, kepercayaan dan bentuk pribadatan yang tidak sama antara satu dan lainnya. Adapun negara yang diakui di Indonesia adalah: Agama Islam, Kristen Protestan, Kristen Katolik, Hindu, Budha, Konghuchu.

 

4.              Pengertian dari Ontologi dan contohnya

Ontologi merupakan salah satu kajian filsafat yang paling kuno dan berasal dari Yunani. Studi tersebut membahas keberadaan sesuatu yang bersifat konkret. Contohnya seperti yang sempat dikatakan oleh Thales sebagai filsuf yang pernah sampai pada kesimpulan bahwa air merupakan substansi terdalam yang merupakan asal mula segala sesuatu.

 

 

5.              Pengertian dari Epistemologi dan contohnya

Epistemologi berasal dari bahasa Yunani, epistÄ“mÄ“, artinya "pengetahuan", dan logos artinya "diskursus", adalah cabang dari filsafat yang berkaitan dengan teori pengetahuan.

Yaitu mempelajari tentang hakikat dari pengetahuan, justifikasi, dan rasionalitas keyakinan. Sebagai contohnya dalam matematika, diketahui bahwa 2 + 2 = 4, (tradisi meyakinkan dan melogikakan orang-orang tentang jawaban diatas adalah tepat dan benar secara empiris adalah contoh dari tradisi epistemologi).

 

6.              Yang dimaksud: 

·      Rasionalisme: Rasionalisme atau gerakan rasionalis adalah doktrin filsafat yang menyatakan bahwa kebenaran haruslah ditentukan atau didapatkan melalui pembuktian, logika, dan analisis yang berdasarkan fakta, bukan berasal dari pengalaman inderawi.

·      Idealisme adalah aliran filsafat yang memandang mental dan ideasional sebagai kunci menuju hakikat/realitas sesuatu.

·      Empirisisme adalah suatu aliran dalam filsafat yang menyatakan bahwa semua pengetahuan berasal dari pengalaman manusia.

·      Naturalisme adalah usaha menampilkan objek realistis dengan penekanan seting alam. Yaitu melukiskan segala sesuatu sesuai dengan nature atau alam nyata, artinya disesuaikan dengan tangkapan panca indra kita.

 

7.              3 Ayat Al-Qur’an tentang Filsafat:

·      Tentang manusia adalah makhluk yang paling mulia di alam ini, terdapat pada (Q.S. al-Isra’ [17]:70)

·      Kemuliaan manusia dibandingkan makhluk Allah yang lainnya, dimana manusia diciptakan sebagai khalifah, diangkat derajatnya dan bertujuan hidup diatas muka bumi ini untuk mensejahterakan umat manusia dan isinya dengan penuh ketakwaan. Hal ini terdapat dalam (Q.S. al-Baqarah [2]: 30)

·      Sedangkan ayat al-qur’an yang menerangkan tentang filosofi alam, adalah sebagai mana yang termaktub di dalam Q.S. al-Fushilaat [41]:53. 

0 komentar :

Posting Komentar