VALUE PESANTREN

Sunday, January 9, 2022

Cintai Proses; Hasil Akan Mencintaimu

Terjadi percepatan keinginan yang sangat luar biasa dalam dunia digital saat ini, di mana ramai orang lebih menginginkan hasil instan, ingin segera tanpa pernah peduli dengan proses yang harus dilalui dan lewati.

Hingga timbullah satu aktivitas baru, jalan pintas dengan harga yang pantas. Praktik ini menghilangkan jiwa, moral, nilai dan kesakralan proses. Membunuh kepercayaan, menumbuh kembangkan kekerdilan dan kejumudan, pada akhirnya harus kita sadari praktek ini berbahaya, dari sini dapat diramalkan kedepannya dunia ini pasti membutuhkan penawar untuk menyembuhkan virus membenci proses dan mencintai hasil.

 

Itulah PR kita bersama!

 

Salah satu yang mungkin bisa digunakan untuk pertolongan pertama, adalah menumbuhkan rasa cinta pada proses. Dalam artian bebas, menurutku proses dalam banyak kasus selalu dimaknai dengan usaha dengan segala upaya, kerja keras dengan sepenuh tenaga, dan berdo’a dengan sepenuh ketawakkalan pada tuhan yang maha esa. 

 

Beberapa orang mengatakan itu berat, sulit dan lama.

 

Beberapa ada juga yang masih bertanya, ada tidak yang lebih pintas dari itu? 

 

Sambil tersenyum agaknya aku membatin, setahuku seluruh aktivitas manusia pasti melalui proses, apapun itu kegiatannya, pekerjaannya, bidang yang digelutinya, selama masih manusia yang mengerjakan pasti melewati proses, tinggal lagi mau proses yang halal, abu-abu atau haram. Pilihan ada di tangan masing-masing personal, namun percayalah jika prosesnya baik, hasilnya pun jauh lebih baik, dan lebih bersih, selain dari proses ini, kiranya kita semua memiliki persepsi berbeda.


Berbicara dalam persamaan, tidak memperpanjang perbedaan, agar tidak salah paham, lebih-lebih gagal paham. :-)


Thank you teman-teman dah mau membaca hingga akhir :) 

Jazakumullah khoir 

 

Ahad, 9 Januari 2022

 

0 comments :

Post a Comment

Terima kasih telah berkenan mengunjungi situs ini.