VALUE PESANTREN

Sunday, January 30, 2022

Pembacaan Awal Buku Prolegomena Prof. Naquib Al-Attas

**

Judul Buku      : Prolegomena To The Metaphysics Of Islam

Penulis             : Syed Muhammad Naquib Al-Attas

Penerbit          : International Institute Of Islamic Thought And Civilization (ISTAC)

Tempat            : Kuala Lumpur, Malaysia.

Cetakan           : pertama, 5 September 1995/ 9 Rabi al-Akhir 1416

Tebal               : 358 hlm

ISBN                : 983-99002-3-4

Genre              : Philosophy Book

Resensator      : Irwan Haryono S., S.Fil.I

 

**

 

This is a very important book. No book of its kind, in profundity as well as magnitude of scope and comprehensive grasp of modern intellectual challenges facing the contemporary Muslim World. Appeared in the last century. The book deals with the fundamental question of the nature of “worldview” according to Islam, a question that has never really been raised in our time. The author proposes that the nature of the worldview of Islam is not merely the mind’s view of the physical world and of man’s historical, social, political, and cultural involvement in it, as has been misunderstood in the minds of secular, contemporary Muslim scholars generally, and particularly those preoccupied with the social and political sciences, but it should bear upon the Muslims ideas about “change”, “development”, and “Progress”.

 

Buku ini bertuliskan bahasa Inggris, untuk memahaminya butuh waktu sedikit lebih lama dari membaca tulisan ringan seperti biasa kita nikmati, dan tantangannya adalah buku ini bertuliskan bahasa Inggris. Jika tujuannya memahami buku ini sekaligus meningkatkan kemampuan berbahasa Inggrisnya maka buku ini adalah pilihan yang tepat, namun jika tujuannya untuk mengetahui isinya, yah.. begitulah, harus memiliki usaha ekstra untuk bisa memahaminya, menantang bukan?

 

Secara bebas kita coba artikan kalimat berbahasa Inggris di atas yang itu di ambil dari synopsis di cover belakan buku prolegomena. Kira-kira beginilah artinya:

 

Ini adalah buku yang sangat penting. Tidak ada buku sejenis, dalam kedalaman serta cakupan dan pemahaman yang komprehensif tentang tantangan intelektual modern yang dihadapi Dunia Muslim kontemporer. Muncul di abad terakhir. Buku ini membahas pertanyaan mendasar tentang sifat "pandangan dunia" menurut Islam, sebuah pertanyaan yang belum pernah benar-benar diangkat di zaman kita. Penulis mengusulkan bahwa sifat pandangan dunia Islam bukan hanya pandangan pikiran tentang dunia fisik dan keterlibatan sejarah, sosial, politik, dan budaya manusia di dalamnya, seperti yang telah disalahpahami di benak para sarjana Muslim sekuler dan kontemporer pada umumnya. , dan khususnya mereka yang disibukkan dengan ilmu-ilmu sosial dan politik, tetapi itu harus mengandung ide-ide Muslim tentang "perubahan", "pembangunan", dan "Kemajuan".

 

 Dari penjelasan di atas, sedikit jelas arah pembahasan buku ini, harapannya setelah membaca buku ini, kita menjadi lebih paham betul apa sebenarnya tantangan-tantangan yang harus dihadapi kedepan, sebab dunia selalu berubah, sekecil apapun itu harus dipersiapkan dengan sangat matang, sebab perubahan adalah sunnatullah, maka tidak ada yang tidak berubah, kecuai perubahan itu sendiri, selamat berubah, selamat membaca, semoga bermanfaat.

 

 

0 comments :

Post a Comment

Terima kasih telah berkenan mengunjungi situs ini.