VALUE PESANTREN

Monday, January 3, 2022

Mengatur Waktu

 


Ada pribahasa mengatakan, jika kamu tidak bisa mengatur dirimu, kelak kamulah yang akan diatur, kalau kamu tidak mampu menyibukkan dirimu dalam kebaikan, maka keburukanlah yang akan mendominasi hari-harimu, jika kamu tidak memanfaatkan waktu, maka waktulah yang akan menebasmu dan menggilasmu, pada intinya jika tidak mampu mengatur sesuatu, maka kamulah yang akan di atur, maka sebelum diatur, aturlah terlebih dahulu waktu dan pekerjaanmu.

 

Kajian tentang waktu, adalah kajian banyak yang selalu diungkapkan oleh hampir semua tulisan, di dalam banyak literasi, bahkan berjilid-jilid buku terlah terbit untuk membahasnya, satu hal yang ingin kami sampaikan dalam tulisan ringkas ini, bahwa mengkajinya tidak usah ribet, sulit atau sistematis, dengan sekian tips-tipsnya tidak, tidak usah. Cukup laksanakan rencana baikmu hari ini, sudah selesai.

 

Ilustrasi sederhananya, kamu memiliki target wisuda tahun ini, di bulan  Maret 2022, sedang proses yang sudah kamu jalani adalah acc di judul tugas akhir, kamu perlu mempersiapkan semester pendek untuk mata kuliahmu yang nilainya jelek, kamu perlu mempersiapkan materi untuk kompremu, kamu harus menyelesaikan penelitianmu, sehingga tugas akhirmu selesai, hingga akhirnya sidang, dituntut harus selesai di bulan tiga, sebab deadlinenya adalah bulan enam, jika tidak selesai, maka kamu akan di drop out dari kampus, karena sudah berada dipenghujung masa tenggang sebabagai mahasiswa semester dewa. Untuk kasus ini apakah kita harus mencari tips sana sini untuk menyelesaikan urusan di atas, tidak. Jawaban kami. Cukup melakukan langkah kecil bertahap untuk ke arah itu setiap detiknya, maka tujuan adalah keniscayaan, biarkan waktu bersahabat dengan langkah saat ia berjalan menyusuri jalanan yang tepat. 

 

Untuk menjelani ini, tak jarang ada rasa takut, ragu, bingung, gelisah, itu adalah efek samping keterlambatan dan itu manusiawi, tidak mesti berlebihan dalam penyesalan, cukup hadapi dengan pola pikir positif, lamban laun semua akan selesai tepat pada waktunya. Untuk itu, satu hal yang pasti dan harus dijalani adalah sadar bahwa waktu terbatas maka aturlah sebaik mungkin, sadar bahwa dalam urusanmu terdapat hubungan ke orang lain, maka tidak bisa sesuka hatimu, mesti ada aturan yang harus dijalani, dan terakhir sadarlah penundaan bukanlah kelapangan, tapi merupakan ujian, jika berhasil melewatinya benar-benar lapanglah hidupmu, namun jika gagal, dunia yang lebar inipun terasa sangat sempit sekali. Usikum wa iyya ya nafsi. Wallahu a’alam. Wallahu musta’aan. 

 

0 comments :

Post a Comment

Terima kasih telah berkenan mengunjungi situs ini.