VALUE PESANTREN

Sunday, January 16, 2022

Jangan Keluhkan yang Itu Rutinitas


Dalam banyak kasus mengeluh hadir sebagai satu keharusan. Padahal itu adalah kebiasaan buruk yang seharusnya dihilangkan. Terkhusus mengeluh dalam hal rutinitas. Jika rutinitas harian selalu dikeluhkan maka hasilnya tidak ada hari tanpa keluhan, dan maka tiada hari yang ringan, semua hari mendadak menjadi berat, sebab hari demi hari isinya adalah keluhan. Maka cara untuk mengobatinya adalah ringankan hidupmu, kurangi keluhanmu, jalani saja yang di depan dengan sikap apa adanya.
 

 

Setiap kali merasa terbebani menjalani sesuatu jangan salahkan orang lain, salahkan diri sendiri. Mengapa otak menerjemahkan seperti itu sehingga sakit kepalamu. Merasa hari-hari berat, jangan salahkan hari salahkan pola pikirmu mengapa menyetting hari dengan gambaran yang begitu sangat menyedihkan, padahal hari ini dan hari kemarin adalah selalu hari yang baru, setiap yang baru pada dasarnya tidak pernah usang. Merasa tak terima dengan keadaan, penyesalan, kesedihan, kekecewaan, sekali lagi jangan salahkan orang lain, salahkan diri sendiri, sebab perasaan itu hadir dari diri sendiri, maka diri sendirilah yang membuat itu terbentuk hingga terjadi. Pada intinya yang membuat hidup itu berat dan terbebani adalah pola pikir kita sendiri.

 

Hidup hanya menunggu perputaran waktu dan pergantian hari. Jika telah sampai pada masanya semua yang terjadi akan terjadi, semua yang gemilang akan cemerlang, semua yang redup akan kehabisan cahayanya. Semuanya ada dan hadir pada saat dan waktu yang tepat. Tidak usah berharap yang belum waktunya, tidak mungkin anak ayam dapat bertelur, meskipun kamu berharap setiap hari. Lain cerita jika anak ayam tersebut telah berubah menjadi induk ayam, maka tidak usah ditunggu pada saatnya ia akan bertelur, maka untuk itu setiap saat ada masanya, tunggu masa itu datang, sebelum masa itu datang persiapkan saja dirimu matang-matang. 

 

Kapan lagi mewujudkan impian jika tidak saat ini. Tidak bisa mengejar impian karena alasan kepadatan rutinitas dan aktivitas, itu dulu. Jika kemarin alasannya terbentur waktu dan tidak ada  motivasi, maka akankah saat ini masih dengan alasan yang sama dan serupa? Hallo segera sadarkan dirimu dari mimpi panjangmu, tanggal, bulan dan tahun hari ini tak sama dengan yang kemarin, mengapa kamu masih sama menanggapi impianmu dengan cara yang kemarin, sadarlah dan mulailah untuk berubah, langkah awalnya adalah ubah pola pikirmu,.. dari sana kamu mulai merangkak maju, meskipun lambat tapi kamu tetap pada jalurmu, lambat laun ada banyak yang melintas yang mungkin mengenalimu, dan memberi tumpangan untuk kemajuanmu. Syaratnya kamu dulu berjalan pada rute yang benar. 

 

Maka untuk itu, ambil putusan yang menjadikan hidupmu lebih ringan, jangan bebani ia dengan pikiran buruk yang merusak pikiranmu lagi. Ada banyak hal yang harus kamu lakukan, ada banyak hal yang harus kamu perbuat, ada banyak hal yang harus kamu perjuangkan. Maka secara seimbang ada banyak hal juga yang harus kamu korbankan. Berhati-hatilah, sehatlah dan tetaplah fokus pada tujuan dan impianmu. Ingat kamu sedang berjuang, dan perjuanganmu tidak boleh pulang tanpa keberhasilan. Camkan itu baik-baik kawan!

 

Ahad, 16 Januari 2022

Medan, Sumut, Indonesia

0 comments :

Post a Comment

Terima kasih telah berkenan mengunjungi situs ini.