VALUE PESANTREN

Monday, January 31, 2022

Wawancara Blogger (Aku Diwawancarai)

  


Bismillahirrohmanirrohim

Assalamualaikum'alaikum warohmatullahi wabarokatuh

Saya Hemalia Putri dari Fakultas Manajemen Pendidikan ingin memberikan beberapa pertanyaan kepada Bapak Irwan Haryono Sirait, S.Fil.I yang memiliki blog, yang bertujuan untuk memenuhi tugas dari dosen saya.


Ada pun pertanyaannya adalah sebagai berikut:

1.     Sejak kapan Bapak mulai membuat blog?


Jawab: Saya mulai membuat blog di tahun 2009. Berawal memposting tulisan dari blog gratis yang disediakan google, dengan nama domain: irwanharyono.blogspot.com. Namun setelah memasuki dunia perkuliahan bertemu juga dengan teman blogger di kampus, disarankannya untuk merubah domain gratis menjadi berbayar (komersial) sehingga di tahun 2014 blognya dari (dot)blogspot.com menjadi (dot)com, domain lengkapnya: irwanharyono.com (akunnya berbayar setiap tahun hingga kini).

 

 

2.     Apa yang melatar belakangi Bapak menuangkan opini atau olah pikir ke dalam blog?

Jawab: Karena tertarik dan ingin berbagi saja awalnya. Sejak tahun 2009 sudah mulai mengotak-atik blog, awalnya masih tertarik dengan tamplate dan kode html, sehingga mulai membangunnya terlebih dahulu, kemudian setelah tampilan sesuai dengan keinginan barulah mulai menuliskannya di tahun 2010 namun semangat posting naik turun hingga 2020, dan kini alhamdulillah mulai tanggal 01 Januari 2021 hingga kini tulisannya terposting setiap harinya 1 tulisan. (sedang berusaha untuk bisa diistiqomahkan)

 

3.     Selama pembuatan blog, bagaimanakah suka duka yang Bapak alami?


Jawab: Dukanya saya rasa ketika keinginan menulis di blog menggebu-gebu namun terbatasi dengan fasilitas ketika itu, sebab pada saat membangun blog saya belum punya laptop, belum punya handphone canggih yang bisa hotspotan, sehingga masih mengandalkan pinjam laptop kawan dan juga wifi sekolah. Disana yang membuat proses membangun dan posting tulisannya di blog menjadi sering terkendala.


Sedangkan sukanya ketika ada yang ngebaca blognya dan ada yang suka, bahkan punya pembaca setia yang sedia memberi komentar dan masukan dari tulisan saya, di sana saya merasa senang sekali, karena bisa berbagi dan berdiskusi, sekaligus juga bisa saling bertukar pikiran dan sekaligus belajar menulis. 

 

4.     Sejak aktif di dunia blogging, apa saja manfaat yang Bapak peroleh?

Jawab: Dapat berbagi dengan tulisan dengan teman-teman blogger yang lain, mengikuti perlombaan perpustakaan yang bertema “blog”, orang dapat mengenal kita lebih dekat dengan mengunjungi blog kita, sehingga dengan membaca tulisan kita, pembaca dapat tahu kita siapa dan apa yang kita pikirkan.

 

 

5.     Selama menjadi blogger, siapa kah blogger atau penulis yang menjadi inspirasi Bapak dan apa alasannya?


Jawab: Ada dulu abangan kelas saya, yang menjadi panutan saya, dengan semangat menulisnya sayapun bertekad menjadi penulis, karena beliau aktif di blog pribadinya ketika itu, maka saya kira, jejak pertama yang harus saya ikuti adalah  Saya harus punya blog terlebih dahulu, agar menjadi setahap mengikuti jejak beliau.

 

6.     Selama Bapak menulis blog, tema apa yang sering Bapak angkat?

Jawab: Menulis blog bagi saya adalah menuangkan inpirasi yang terlintas di kepala saya, jadi karena saya memulai menulis dari apa yang paling terdekat dengan diri saya, jadi kiranya temanya tentang pemuda, sebab saat ini saya seorang pemuda; baik itu tentang pengalaman pemuda, kegelisahannya, kiprahnya, cita-citanya, keinginannya, puisi cintanya dan banyak lagi terkait tentang urusan pemudalah. Kalau ingin tahu, bisa kunjungi blog saya sendiri ya, buka google, cari: irwanharyono.com

 

Atas waktu dan partisipasi Bapak yang sudah membantu saya, saya ucapkan banyak terimakasih

Wassalamu'alaikum warahmatullahi wabarakatuh

0 comments :

Post a Comment

Terima kasih telah berkenan mengunjungi situs ini.