Minggu, 02 Januari 2022

Sambut 2022 Dengan 5 Kebutuhan Dasar

Menyambut 2022 ada banyak hal yang harus kamu evaluasi, di saat bersamaan, harus juga sadar, jangan terlalu lama, sebab terlalu lama mengevaluasi diri sama saja terlalu lama memikirkan hal yang telah berlalu, sementara waktu saat ini bergerak maju begitu cepatnya. Seyogyanya memikirkan evaluasi masa lalu tidak lebih lama dari memikirkan masa depan, dan memikirkan masa depan tidak lebih lama dari mewujudkan masa depan, untuk mewujudkannya silahkan gunakan pikiran cerdas, bekerja tuntas, untuk hasil spadan dengan evaluasi yang telah dipikirkan sebelumnya.

 

Katakan saat ini kamu memiliki visi-misi, sebut saja untuk 2022 ini kamu memiliki impian, dan finalnya bukan pada proses, adalah hasil yang kamu berikan. Apakah itu kemajuan yang kamu berikan, ataukah masih sekedar konsep dan ide yang kamu tawaran tetap kamu harus memperjuangkannya hingga pada titik darah penghabisan, perjuangkan impianmu hingga terbukti itu bukan bualan. Jika kamu pernah berhasil pada satu titik, kamu juga bisa berhasil pada titik berikutnya. Dengan syarat kamu masih yakin. Jika hilang yakinmu, maka hentikan bacaanmu hingga titik ini, jangan dilanjutkan!

 

Sedikitnya ada 5 hal yang kamu mesti ingat-ingat berulang kali, guna mengukuhkan kembali kedudukanmu sebagai makhluk unik dan special, hal ini hadir sebagai konsep dan aturan penting untuk kebutuhanmu. Ialah: Dedikasi, komitmen, konsisten, disiplin dan integritas. 


Agar satu bahasa, agar fokus penjelasan tidak bias, kami ambil arti 5 kata di atas dari KBBI online, pada link ini: https://www.kbbi.web.id/  Berikut penjelasannya:

 

 

 

IMPIANMU MEMBUTUHKAN INI AGAR MENJADI REAL

 

[DEDIKASI – KOMITMEN – KONSISTEN – DISIPLIN-INTEGRITAS]

 

 

1. DEDIKASI: 

Dedikasi/de·di·ka·si/ /dédikasi/ n pengorbanan tenaga, pikiran, dan waktu demi keberhasilan suatu usaha atau tujuan mulia; pengabdian: untuk melaksanakan cita-cita yang luhur diperlukan keyakinan dan --;

 

2. KOMITMEN:

Komitmen/ko·mit·men/ n perjanjian (keterikatan) untuk melakukan sesuatu; kontrak: perkumpulan mahasiswa seharusnya mempunyai -- terhadap perjuangan reformasi

 

3. KONSISTEN:

Konsisten/kon·sis·ten/ /konsistén/ a 1 tetap (tidak berubah-ubah); taat asas; ajek; 2 selaras; sesuai: perbuatan hendaknya -- dengan ucapan

 

4. DISIPLIN:

Disiplin/di·sip·lin/ n 1 tata tertib (di sekolah, kemiliteran, dan sebagainya); 2 ketaatan (kepatuhan) kepada peraturan (tata tertib dan sebagainya); 3 bidang studi yang memiliki objek, sistem, dan metode tertentu;

 

5. INTEGRITAS:

Integritas/in·teg·ri·tas/ n mutu, sifat, atau keadaan yang menunjukkan kesatuan yang utuh sehingga memiliki potensi dan kemampuan yang memancarkan kewibawaan; kejujuran;

 

Setelah mengetahui ini, selanjutnya silahkan ditafsirkan sendiri, dan silahkan dimasukkan sendiri dalam skema belajar yang kamu punya. Sebab poin di atas adalah kunci yang hanya bisa membuka pintu jika kamu gunakan dengan segera, ulet dan bersungguh-sungguh, jika tidak maka dia tidak berarti apa-apa.

 

Tuk sekedar tambahan inspirasi, mungkin bisa kunjungi podcast ini, sedikit banyak inpirasi tulisan ini, karena dua pria cerdas dan sehat ini :) 


 

Namun menurutku, ku artikan secara bebas, pada 2022 ini perlu ada keberanian baru yang mengubah arah ke arah yang lebih baik, lebih kompetitif, dan lebih atraktif. Untuk mewujudkan itu dibutuhkan sosok orang yang rela mengorbankan tenaga, pikiran, waktu, untuk sebuah tujuan; dengan penuh tekat janji pada diri sendiri, konsisten terhadap putusan dan tujuan yang telah dibuat dan tidak berubah-ubah. Mewujudkannya dengan penuh disiplin diri tanpa pantang menyerah, jika keempat hal ini berhasil dikumpulkan dalam diri seseorang, dengan serta merta otomatis akan muncul pancaran kewibawaan, kejujuran, mutu dan sifat yang saling menguatkan, itulah yang disebut integritas.

 

Sampai disini ku kira, kawan mesti membaca ulang 5 poin di atas, setelah paham, maka lakukanlah, disini sengaja tidak ku tuliskan contoh orangnya, dengan harapan, kawan bisa menemukan hal ini pada diri orang sukses yang kawan kenal, ku katakan pasti ada di dalam diri mereka. Minimal satu, maksimal semua bahkan lebih.

 

Jika berkenan memberikan cerita tambahan, silahkan komen di komentar ya . 

 

 

Ahad, 2 Januari 2022

Medan, Sumatera Utara, Indonesia

0 komentar :

Posting Komentar